Pola Hidup Sehat Penderita Diabetes

Pola Hidup Sehat Penderita Diabetes – Diabetes merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh umat manusia dan tidak disadari oleh masyarakat bahwa dirinya memiliki gula darah yang tinggi. Gejala diabetes muncul secara tiba-tiba, bahkan ada yang sudah mencapai tingkat komplikasi. Jadi, perlu Anda ketahui bahwa gula darah tinggi atau hiperglikemia merupakan suatu kondisi dimana kadar gula atau glukosa dalam darah meningkat. Kadar gula darah yang tinggi berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi penderita diabetes. Itu sebabnya penting untuk mendeteksi gejala gula darah tinggi sejak dini. Hindari sekarang sebelum terlambat!

Gula darah Anda dianggap terlalu tinggi jika di atas 200 mg/dl.

Pola Hidup Sehat Penderita Diabetes

Pola Hidup Sehat Penderita Diabetes

Gejala gula darah tinggi antara lain kelelahan, rasa lapar ekstrem, penurunan berat badan, sering haus, dan sering buang air kecil.

Penderita Diabetes Bisa Coba 5 Pola Makan Sehat Ini

Jika kadar gula darah Anda lebih tinggi dari 350 mg/dL, Anda mungkin mudah gelisah dan mengalami gejala seperti penurunan kesadaran, rasa haus yang berlebihan, penglihatan kabur, dan pusing. Perubahan kondisi kulit seperti kemerahan, kekeringan dan sensasi panas juga dapat diamati.

Selain menderita hal-hal tersebut, kadar gula darah tinggi, apalagi jika tidak diobati, dapat menyebabkan kerusakan serius, seperti ketoasidosis diabetik atau sindrom diabetes hiperosmolar. Anda mungkin juga menghadapi infeksi gigi dan gusi, masalah kulit, dll. Osteoporosis, gagal ginjal, kerusakan saraf, kebutaan dan penyakit kardiovaskular.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menyembuhkan diabetes. Namun seringkali hasilnya tidak mencukupi. Obat-obatan hanya bersifat preventif, bukan kuratif. Selain itu, bahan kimia juga bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Penggunaan obat-obatan kimia dalam jangka panjang bisa berbahaya bagi ginjal. Biaya pengobatan yang mahal, penyakit yang tidak dapat disembuhkan, membuat Anda frustasi. Hal ini kerap membuat penderita diabetes pesimis dan malas berobat.

Kali ini admin mencoba menyebarkan informasi tentang penyakit diabetes agar lebih baik, pembaca dapat mengunjungi link dibawah ini, karena artikel ini diambil dari link tersebut, semoga bermanfaat, Pakar UGM membagikan bentuk dan menunya. Penderita diabetes harus memperhatikan untuk menjaga kestabilan gula darah.

Bagaimana Hidup Dengan Diabetes Melitus?

Lastes Cristiani Freed, dosen Biostatistik, Epidemiologi dan Kesehatan Penduduk, Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Keperawatan Universitas Katja Madam berbagi delapan poin penting agar penderita diabetes dapat menjaga kestabilan gula darah.

Menurut Lastes, diabetes disebabkan oleh tidak berfungsinya produksi insulin sehingga menyebabkan gula darah naik dengan cepat dan tidak stabil. Untuk menjaga gula darah tetap stabil, konsumsilah makanan dengan indeks glikemik rendah.

Meski pola makannya manis, penderita diabetes tetap perlu memperhatikan kebutuhan kalorinya terlebih dahulu. Sayangnya, meski makanan yang mengandung karbohidrat biasanya tinggi glukosa, namun 60 persen kalorinya berasal dari karbohidrat.

Pola Hidup Sehat Penderita Diabetes

“Kebutuhan kalori tergantung berat badan, tinggi badan, jenis kelamin, umur,” kata Lastes saat mengisi acara di Radio Indonesia Sehat UGM pada 3 September 2021 seperti dilansir Tempo dari ugm.ac.id.

Perencanaan Makan Pada Diabetes Mellitus

Setelah fokus pada kebutuhan kalori, kata Lasttes, rencana makan disusun dengan fokus pada indeks glikemik. Indeks glikemik ditentukan berdasarkan kandungan karbohidrat dan serat. Makanan kaya serat memiliki indeks glikemik yang rendah.

“Pilihlah nasi berwarna dibandingkan nasi putih, misalnya nasi merah, nasi merah, dan nasi hitam”, ujar dosen FKKMK UGM ini.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi bukanlah sesuatu yang tidak boleh dimakan, namun harus dikonsumsi dengan hati-hati. Misalnya saja Lastes yang melarang penderita diabetes makan pisang setelah makan malam karena berbahaya bagi penderita diabetes.

Namun bukan berarti korban tidak bisa menikmati buah tersebut. “Makanan dengan indeks glikemik rendah dan aman bagi penderita diabetes antara lain mangga, jeruk, wortel, apel, anggur dan lainnya,” ujarnya.

Pola Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Lantas bagaimana penderita diabetes bisa tetap menikmati makanan enak tanpa khawatir lonjakan gula darahnya.

Atau dibakar. Misalnya ikan Peps yang tidak diberi minyak. Lastes merekomendasikan menambahkan sambal ke teras untuk menambah rasa.

Selain menjaga pola makan sehat dengan mengurangi asupan makanan tinggi glukosa, Lastes juga memberikan panduan pola makan bagi penderita diabetes. “Setengah lingkaran sayur, setengah lingkaran lauk hewani atau nabati, dibagi protein dan karbohidrat,” kata Lastes.

Pola Hidup Sehat Penderita Diabetes

Pola hidup sehat penderita hepatitis b, pola hidup sehat untuk penderita diabetes, pola makan sehat penderita diabetes, cemilan sehat penderita diabetes, menu sehat penderita diabetes, makanan sehat penderita diabetes, pola hidup sehat penderita diabetes melitus, pola hidup sehat bagi penderita diabetes, pola hidup sehat diabetes, diet sehat penderita diabetes, pola hidup sehat untuk penderita gerd, pola makan penderita diabetes

Leave a Comment