Cara Membuat Daftar Absen Di Microsoft Excel

Cara Membuat Daftar Absen Di Microsoft Excel – Cara Membuat Absensi Karyawan di Excel Beserta Contohnya – Bagaimana cara membuat absensi karyawan di Excel? Anda mungkin menemukan pertanyaan ini saat mencari atau menemukan artikel ini.

Bagi sebagian pelaku usaha kecil, kehadiran merupakan aspek yang sering terlupakan. Tak jarang hal ini menimbulkan kekacauan dalam operasional kantor dimana karyawan tidak datang tepat waktu.

Cara Membuat Daftar Absen Di Microsoft Excel

Cara Membuat Daftar Absen Di Microsoft Excel

Banyak pemilik usaha baru yang enggan menggunakan sistem absensi pada usahanya karena mahalnya biaya. Meskipun Anda juga dapat menggunakan formulir kehadiran Excel yang gratis dan mudah.

Aplikasi Absensi Online Gratis Untuk Kelola Karyawan

Cara membuat absensi di Microsoft Excel sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu memahami cara menggunakan rumus COUNTIF dan alat Conditional Formatting. Kedua aspek ini adalah yang paling penting bagi sebuah perusahaan untuk menciptakan ketidakhadiran Excel.

Sedangkan alat Conditional Formatting digunakan untuk memberikan simbol atau petunjuk jika tidak ada pada setiap pernyataan. Dimana nantinya Anda dapat menentukan bagaimana informasi kehadiran karyawan disajikan di Excel dengan menggunakan huruf atau warna sesuai dengan preferensi Anda.

Tabel kehadiran karyawan excel biasanya digenerate sekaligus selama 30 hari atau 1 bulan ke depan. Jadi Anda dapat menyalin dan menempelkan format awal ini untuk digunakan pada bulan-bulan berikutnya dengan sedikit penyesuaian berdasarkan kalender kerja Anda.

Agar kalender ini lebih mudah dibaca, Anda dapat menggunakan spidol berwarna merah untuk menandai hari libur dan menggunakan warna lain untuk informasi ketidakhadiran seperti hadir, izin, liburan, sakit, dan absen.

Cara Mudah Menambahkan Ceklis Ke Excel

Mengikuti format Absensi Karyawan Excel seperti contoh di atas. Pada langkah selanjutnya, Anda dapat memberikan informasi hari kerja setiap karyawan.

Misalnya, jika seorang karyawan masuk kerja pada hari itu, Anda dapat menandainya dengan huruf H yang melambangkan hadiah di kolom tersebut. Lalu sebagai informasi, dimulai dengan huruf C, penyakit dengan huruf C, izin dengan huruf I, dan pantangan dengan huruf A.

Dengan fungsi pemformatan bersyarat, Anda dapat membuat deskripsi H, I, S, C atau A dalam berbagai warna. Jadi, Anda akan mudah dalam mencatat data kehadiran karyawan di Excel setiap bulannya.

Cara Membuat Daftar Absen Di Microsoft Excel

Cara menggunakan fitur conditional formatting cukup sederhana. Anda hanya perlu memblokir seluruh kolom informasi ketidakhadiran seperti pada contoh di bawah ini.

Membuat Form Kehadiran Dengan Tandatangan

Kemudian klik tombol Conditional Formatting pada menu Utama dan pilih Select Cell Rules. Kemudian Anda hanya perlu memilih aturan “sama dengan…”.

Nah jika Anda sudah mengikuti langkah diatas maka Anda akan disuguhkan kotak dialog yang menampilkan gambar seperti di bawah ini.

Kolom kiri digunakan untuk mengisi huruf yang mewakili informasi yang hilang, dan kolom kanan memungkinkan Anda memilih warna apa yang akan mengisi sel yang ditandai dengan huruf di atas atau kolom yang hilang.

Pada contoh di atas, kita menggunakan huruf H untuk mewakili present tense dan diberi warna hijau “Custom Format…” untuk menunjukkan kehadiran seorang karyawan.

Contoh Rekap Absensi Karyawan Menggunakan Excel Dan Word

Jika sel atau kolom yang sebelumnya terkunci diisi dengan huruf H, maka secara otomatis akan berubah menjadi hijau sesuai format yang ditentukan. Tentu saja, Anda dapat memilih warna apa saja sesuai keinginan Anda.

Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan hal yang sama untuk informasi ketidakhadiran lainnya. Mulai dari cuti, liburan, sakit hingga pantang. Tentunya sekali lagi Anda diberikan kebebasan untuk memilih warna mana yang akan digunakan.

Menggunakan fitur Conditional Formatting dapat membantu Anda menyederhanakan absensi karyawan Excel dengan warna yang mudah dipahami dan dapat Anda tentukan sendiri.

Cara Membuat Daftar Absen Di Microsoft Excel

Dengan begitu, proses pembuatan laporan absensi karyawan di Excel bisa dilakukan dengan lebih mudah dan menghemat waktu, dimana Anda tidak perlu menandai atau mengubah warna secara manual.

Cara Membuat Auto Fill Google Form

Cukup isi setiap sel atau kolom di aplikasi Excel dengan indikator yang Anda tentukan sebelumnya.

Caranya adalah dengan menggunakan rumus COUNTIF di excel. Rumus ini menghindari penghitungan kehadiran bulanan setiap karyawan secara manual.

Berdasarkan gambar di atas, gunakan rumus =COUNTIF(C5:AF5;”H”) untuk mencari jumlah kehadiran Addie dalam 1 bulan. Ingatlah bahwa data kehadiran Addie ada di sel/kolom C5 sampai AF5.

Untuk mengetahui informasi ketidakhadiran lainnya, cukup ganti huruf “H” pada rumus COUNTIF di atas dengan masing-masing indikator kehadiran, dimulai dengan I, C, S, dan A.

Cara Mengurutkan Nama Sesuai Abjad Di Excel

Jika membuat daftar absensi karyawan excel bermasalah. Jadi menggunakan software atau aplikasi absensi online mungkin bisa menjadi solusi yang tepat untuk perusahaan Anda.

Merupakan salah satu aplikasi absensi online berbasis web yang patut Anda pilih. Aplikasi ini memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis dan HR untuk melacak kinerja setiap karyawan, meskipun mereka bekerja di luar kantor.

Fitur absensi digital dilengkapi dengan teknologi pengenalan wajah biometrik yang akurat sehingga karyawan tidak bisa berbuat curang.

Cara Membuat Daftar Absen Di Microsoft Excel

Selain itu, aplikasi absensi Android juga memiliki fitur-fitur canggih lainnya untuk membantu departemen HR perusahaan, termasuk penggajian online, penjadwalan shift, jam waktu online, kunjungan pelanggan, dan manajemen lembur.

Contoh Laporan Absensi Kehadiran Karyawan

Hanya dengan satu aplikasi, seluruh pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi kepegawaian dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Apa yang kamu tunggu? Coba aplikasi gratisnya sekarang!

Tags #absensiandroid #aplikasiexcel #cara melaporkan absensi di excel #daftar absensi karyawan excel #laporan absensi karyawan

Adalah aplikasi berbasis cloud sebagai solusi akurat dan hemat biaya untuk memantau kehadiran (absensi) karyawan di seluruh lokasi menggunakan GPS dan biometrik wajah untuk akurasi optimal. Cara mudah membuat rumus kehadiran otomatis menggunakan excel. Menggunakan rumus membuat semua pekerjaan menjadi lebih presisi. Dan menghindari banyak kesalahan yang bisa terjadi saat mengetik.

Setiap kehadiran atau daftar hadir, baik untuk suatu kegiatan atau lainnya, berisi peserta untuk waktu, hari, atau kelas yang berbeda.

Contoh Form Absen Format Laporan Absensi Karyawan / Pegawai

Menggunakan rumus Excel akan memudahkan Anda tanpa harus terus-menerus mengedit setiap pelajaran.

Data sekunder biasanya berupa kehadiran atau daftar hadir, selain nama peserta juga tertera hari/tanggal, waktu, materi dan sumber daya.

Kolom H pada gambar bertuliskan nomor cetak 1, kolom inilah yang menampung data jam kelas yang akan dicetak.

Cara Membuat Daftar Absen Di Microsoft Excel

Jika ada penambahan materi atau waktu kelas setelah mengisi formulir, letakkan pada jadwal sebelum baris terakhir untuk memasukkan data baru dalam format kehadiran.

Google Form Membuat Daftar Hadir Pertemuan Online Dengan Mudah

Jika Anda mengisi data di bawah ini untuk masuk, maka data baru tidak akan ditulis ke dalam rumus yang telah dibuat sebelumnya.

Anda boleh menyisipkan atau tidak jika ada data tambahan, namun Anda harus mengganti sel $F$10 pada kolom yang terakhir Anda isi pada lembar jadwal.

Tag: Absensi Otomatis Pelajari Rumus Excel Cara Membuat Aplikasi Absensi Kerja di Excel Cara Membuat Rumus Absensi Otomatis di Excel Cara Membuat Rumus Absensi Otomatis di Excel Cara Mudah Membuat Rumus Absensi Kerja Sehari-hari di Excel Contoh Rangkuman Absensi Karyawan di Excel Microsoft Excel, Auto Rumus Absensi, Rumus Absensi, Rumus Daftar Absensi, Rumus Excel, Rumus Excel Absensi Sidik Jari, Rumus Absensi Pegawai Excel if, Rumus Absensi Karyawan Excel, Rumus Excel Administrasi Perkantoran, Rumus Vlookup, Tutorial Excel Panduan Lengkap Cara Rekrut : Excel – Kehadiran karyawan di tempat kerja sangat penting bagi bisnis Anda karena menunjukkan apakah ada seseorang yang hadir. Aplikasi Microsoft Excel telah mampu membantu pengguna dalam mengelola berbagai data, termasuk kehadiran.

3. Pindahkan kursor ke sel A1. Sekarang buat tabel kehadiran. Cantumkan data nama pegawai, jumlah hari pada kolom bulan, dan kategori kehadiran yang sesuai.

Aplikasi Raport Excel Dilengkapi Fitur Tarik Data Web Service Dapodik

Misalnya: sekarang (H), izin (I), sakit (S) dan alpha (A). Berikan warna unik pada kolom hari libur agar lebih mudah diisi. Contoh ketidakhadirannya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

4. Membuat daftar auto-entry kategori kehadiran untuk keseragaman data. Hal ini mencegah karyawan atau HR memasukkan data yang salah sehingga mengakibatkan persetujuan catatan kehadiran.

5. Langkah tambahan untuk absensi online adalah penempatan penanda kehadiran. Berguna jika Anda menginginkan warna berbeda untuk setiap kategori kehadiran.

Cara Membuat Daftar Absen Di Microsoft Excel

Bagian terpenting dalam absensi karyawan adalah menggunakan rumus absensi excel untuk menghitung hari. Tidak mungkin Anda menghitung dengan tangan, bukan? Semuanya bisa diatur secara otomatis dengan rumus, antara lain:

Daftar Hadir Karangtaruna

Hari kerja dapat diartikan sebagai jumlah hari seorang pegawai masuk kerja dikurangi hari-hari yang tergolong tidak hadir atau libur. Anda memutuskan sendiri hari kerja seperti apa yang ingin Anda hitung. Dalam contoh berikut, “hari non-kerja” ditentukan dalam kategori “absen”, “hari libur” dan “Minggu”.

Untuk menghitung jumlah kehadiran setiap kategori, misalnya berapa orang yang masuk kerja dan berapa yang tidak, digunakan rumus berikut:

Jumlah hari kerja pada bulan Januari adalah 26 hari (5 minggu), sehingga rumus menghitung persentase pegawai adalah sebagai berikut:

Bisa dibayangkan betapa sulitnya merangkum kehadiran ketika Anda memiliki banyak karyawan. Namun jangan khawatir, kini ada solusi praktisnya.

Cara Rename File Sekaligus Secara Berurutan

Merupakan aplikasi berbasis cloud sebagai solusi akurat dan hemat biaya untuk memantau kehadiran karyawan di berbagai lokasi menggunakan GPS dan biometrik wajah untuk akurasi optimal.

Cara buat daftar absen di excel, cara membuat daftar absen di excel, membuat daftar absen dengan excel, tutorial membuat absen di microsoft excel, membuat absen di excel, cara membuat absen di microsoft excel 2010, buat absen di excel, cara membuat absen excel, membuat daftar absen di excel, cara membuat absen di microsoft excel, cara membuat absen di excel, cara bikin absen di microsoft excel

Leave a Comment